Cara Pengolahan Daging Yang Berguna Bagi Kesehatan

Cara Pengolahan Daging Yang Berguna Bagi Kesehatan

Tak dipungkiri masakan berbahan daging selalu lezat dan nikmat. Pastinya yang menyantapnya pun akan merasa nikmat dan kenyang. Namun, sayangnya olahan daging ini sangat mengandung lemah jenuh yang cukup banyak dan itu sangat mengganggu kesehatan pastinya. Kandungan lemak jenuh terutama banyak ditemukan pada daging merah dan selalu berkaitan dengan penyakit jantung. Bagi anda yang menggemari daging tentu saja bisa membuat anda merasa khawatir.

Jika anda merasa belum siap untuk meninggalkan makanan berbahan daging, maka anda tak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa anda ikuti untuk mengolah daging tanpa harus mengesampingkan kesehatan. Bagi yang bermasalah dengan jantung, tentunya memang harus benar-benar menjaga kesehatan jantung. Karena jantung merupakan penyakit yang dulu sangat identik dengan penderita di usia lanjut, kini sudah muncul penderita jantung di usia muda. Dan makin banyak bertambah penderita penyakit jantung ini.

Sebuah data kesehatan menyebutkan di tahun 2013 terdapat prevalensi paling tinggi dari berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskuler di Indonesia yakni penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Persentasenya sebesar 1,5% atau sebanyak 2.650.340 orang menderita jantung. Prevalensi itu menyebutkan yang tertinggi di NTT sebesar 4,4% dan terendah di Riau (0,3%). Penyakit jantung juga menimbulkan angka kematian pun makin tinggi. Dari sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2014 di Indonesia telah menunjukkan penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian tertinggi di semua umur setelah stroke.

Menerapkan Prinsip Diet Jantung Sehat

Kunci utama untuk mencegah penyakit jantung adalah pola makan yang sehat. Prinsip pola diet ini berkaitan dengan penurunan resiko penyakit jantung, yaitu selalu meningkatkan konsumsi sayuran serta buah-buahan. Selain itu mengurangi asupan garam, dan memilih sumber protein yang rendah lemak serta kolesterol. Di atas sudah dijelaskan bahwa daging merah sangat banyak mengandung lemak jenuh serta kolesterol. Kedua hal itu sudah lama selalu dikaitkan dengan penyakit jantung. Belum lagi jika penyajiannya dengan cara digoreng.

Sebuah penelitian baru telah menemukan bahwa adanya bakteri di usus manusia mampu mengubah karnitin, yang merupakan jenis asam amino. Di mana asam itu banyak dikandung pada daging sapi. Zat itu mampu mempercepat pengerasan serta penebalan dinding pembuluh darah. Dan akhirnya akan mempercepat timbulnya penyakit jantung. Jenis daging yang semakin merah tentu saja kandungan karnitinnya pun makin banyak.

Meski demikian, bukan berarti daging merah tidak bermanfaat bagi kesehatan sama sekali. Daging merah yang mengandung asam amino terlengkap sangat dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Selain itu untuk membentuk enzim dan membentuk otot. Zat besi yang dikandung di dalam daging merah juga sangat banyak dan lebih mudah diserap tubuh.

Konsumsi Daging Sapi

Bila anda belum bisa mengurangi bahkan menghilangkan konsumsi daging sapi, maka untuk mengurangi resiko penyakit jantung anda cukup membatasi konsumsinya. Pastikan pula pengolahannya juga tidak memperburuk nutrisi pada daging. Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pengolahan daging yang sehat.

  • Memilih daging dengan Leanest Cuts

Ketika mengolah daging, pastikan anda gunakan bagian dagingnya saja. Jangan sampai ada jaringan lemak yang masih menempel. Jaringan lemak yang ikut menempel tentu akan membuat kandungan lemaknya makin banyak pada olahan daging itu. Sehingga kadar lemak, trigliserida, dan kolesterol dalam darah akan meningkat tajam setelah anda mengonsumsinya.

  • Jangan menggoreng daging untuk pengolahannya

Meskipun menggunakan minyak yang menyehatkan, pastikan ketika memasak daging merah dengan cara digoreng tentu akan menambah kadar lemak di dalamnya. Apalagi cara menggorengnya dilakukan dengan suhu tinggi. Sehingga akan mengubah asam lemak tak jenuh menjadi asam lemak jenuh.

Suferfood Lokal Yang Layak Konsumsi Untuk Kesehatan Anda

Suferfood Lokal Yang Layak Konsumsi Untuk Kesehatan Anda

yellotouch – Di dunia kuliner selalu ada saja daftar menu superfood yang keluar sebagai makanan untuk kesehatan. Walapun begitu, superfood ini adalah bahan makanan impor dan untuk mendapatkannya pun agak sulit. Belum lagi harganya yang lumayan mahal. Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah diterapkan tren superfood lokal yang nutrisinya pun tak kalah menyehatkan.

Banyak bahan makanan yang dianggap sebagai makanan super. Bila anda mengonsumsinya tentu akan mendorong kesehatan tubuh anda dalam jumlah yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan makanan biasa. Beberapa contoh superfood yang kehadirannya sudah begitu dikenal di seluruh dunia adalah salmon, blueberry, kiwi, biji chia, dan quinoa. Memang bahan dari superfood ini banyak ditemukan dari tumbuh-tumbuhan, meski ada juga yang berasal dari ikan dan juga susu beserta produknya.

Memilih Superfood Lokal Untuk Kesehatan

Banyak pilihan bagi anda yang ingin membuat superfood dengan cita rasa lokal. Di mana Indonesia merupakan negara kepulauan yang beriklim tropis, tentunya sangat kaya akan sumber makanan. Sumber-sumber makanan itu baik yang berupa hewani serta nabati. Tentu saja superfood versi lokal ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan anda. Pastinya pula nutrisi yang luar biasa dari superfood lokal ini sudah dikenal luas sejak jaman dahulu.

Di dalam superfood lokal ini, hanya saja jenis-jenis makanannya tidak dilabeli super seperti yang ditemukan di dalam makanan impor. Namun dari segi nutrisi, tentu saja superfood lokal ini tak kalah dengan superfood impor pastinya. Anda ingin membuktikannya? Simak artikel di bawah ini mengenai bahan-bahan makanan superfood lokal yang pastinya juga penting untuk kesehatan.

  • Tempe

Familiar dengan tempe bukan? Bahan makanan ini berasal dari kacang kedelai yang tentunya juga mudah ditemukan di mana-mana dan sudah populer di seluruh dunia. Tempe adalah kacang kedelai yang telah difermentasikan dengan menggunakan jamur Rhizopus oligosporus atau disebut juga dengan ragi tempe.

Proses dari fermentasi ini selain untuk menambah rasa di tempe yang dibuat juga memberikan nutrisi yang terdapat pada kacang kedelai dan sebagai bahan utama pembuat tempe yang lebih mudah dicerna.

Selain sebagai sumber protein nabati, tempe banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Di antaranya kandungan isoflavon yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dan melawan radikal bebas.

Tempe juga mengandung kalsium yang tak kalah baiknya dengan susu. Dengan demikian tempe ini sangat membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang sertta mencegah osteoporosis.

  • Sukun

Sukun bisa dikatakan sebagai buah. Sukun ini merupakan sumber karbohidrat yang seratnya baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya, sukun yang masih muda sering dipakai untuk hidangan sayur. Kemudian sukun yang sudah matang bisa digunakan untuk camilan atau pengganti nasi karena mengandung banyak karbohidrat.

Memang tak dipungkiri, saat ini sukun sudah jarang ditemui. Namun, pastinya sukun ini memiliki manfaat bagi kesehatan yang cukup banyak. Sebagai sumber protein nabati di dalam kandungannya juga dilengkapi antioksidan, vitamin, kalsium, dan zat besi.

  • Taoge

Taoge biasanya ditemukan di dalam hidangan pecel. Selain itu juga sebagai pelengkap rawon, soto, bakso. Tak disangka, ternyata taoge ini juga termasuk ke dalam daftar superfood lokal yang bermanfaat bagi kesehatan. Tidak seperti jenis sayuran lainnya, akan kehilangan banyak nutrisinya ketika sudah diolah menjadi sebuah hidangan masakan. Sedangkan taoge mampu untuk terus melakukan produksi nutrien baik setelah dipanen atau sudah diolah.

Kandungan vitamin B di dalam taoge ini juga cukup banyak. Selain itu juga kaya mineral. Banyak enzim yang berguna bagi kesehatan didapatkan dari taoge. Kandungan klorofil yang tinggi juga mampu untuk melakukan detoksifikasi serta membantu generasi sel dan molekul di dalam tubuh.