Memahami Masyarakat Multikultural Dengan Berbagai Penjelasannya

www.yellotouch.com – NKRI yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah diketahui memiliki masyarakat yang majemuk. Dan itu sifatnya multikultural. Secara umum multikultural diartikan sebagai memiliki banyak kebudayaan. Dengan demikian, bisa diketahui apa yang dimaksud dengan masyarakat multikultural. Artikel ini akan memberi penjelasan mengenai hal itu secara lengkap.

Definisi Masyarakat Multikultural

Istilah masyarakat multikultural bisa dibilang sebagai istilah lain dari masyarakat majemuk. Seperti yang telah dijelaskan, bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki masyarakat yang sifatnya majemuk. Selain Indonesia ada beberapa negara lain yang masyarakat multikultural, yaitu Amerika Serikat dan Swiss.

Menurut Prof. Dr. Supardi Suparlan, masyarakat kultural merupakan ideologi yang menekankan pada budaya-budaya yang berbeda atau keyakinan yang mendorong terciptanya pluralisme budaya sebagai ciri dari kehidupan bermasyarakat. Masyarakat yang majemuk ini kemudian terbagi ke dalam subsistem yang berdiri sendiri-sendiri dan di setiap subsistemnya itu memiliki ikatan yang sifatnya primordial.

Baca Juga : Masyarakat Modern Dan Cirinya

Munculnya masyarakat multikultural ini tersusun dari keragaman dari banyak budaya yang ada di dalam masyarakat. Di dalamnya ini mencakup nilai budaya serta kebiasaan yang saling menerima satu sama lain. Adanya kebudayaan yang sifatnyanya multikultural ini dibatasi dengan konsep nilai yang sarat akan kepentingan tertentu.

Selain ahli di atas yang mengungkap mengenai masyarakat multikultural, masih ada beberapa ahli lainnya yang memberikan definisinya mengenai masyarakat ini. Adapun beberapa definisi lainnya dirangkum pada ulasan berikut ini.

  • J. S Furnival

Menurutnya, masyarakat multikultural didefinisikan sebagai munculnya masyarakat yang berasal dari dua atau lebih komunitas. Komunitas itu secara budaya dan ekonomi telah terfragmentasi serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu sama lainnya.

  • Nasikun

Pendapatnya mengatakan bahwa timbulnya masyarakat yang plural terjadi karena ada dua atau lebih tatanan sosial yang secara kultural, ekonomi, dan politik dipisahkan serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda.

  • Clifford Geertz

Menyebutkan masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang dibagi menjadi beberapa subsistem embrio dan itu terikat dalam ikatan yang bersifat primordial.

Jenis-jenis Masyarakat Multikultural

Di dalam masyarakat multikulurtal itu terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut.

  • Multikulturalisme isolasionis

Jenis ini mengacu pada masyarakat yang terdiri dari berbagai kelompok budaya dengan menjalankan hidupnya yang otonom dan selalu berinteraksi minimal dengan satu sama lainnya.

  • Multikulturalisme akomodatif

Jenis ini merupakan masyarakat yang kulturnya dominan dengan membuat berbagai penyesuaian serta akomodasi-akomodasi tertentu yang tujuannya untuk kebutuhan kultur kaum minoritas. Di dalamnya juga telah dirumuskan dan diterapkan undang-undang, hukum, serta ketentuan sensitif lainnya secara kultural.

Selain itu juga memberikan kebebasan bagi kaum minoritas untuk terus mempertahankan dan mengembangkan kebudayaannya. Begitu pula sebaliknya bagi kaum minoritas sendiri tidak akan menentang kultur yang dominan itu. Jenis masyarakat ini biasanya diterapkan di negara-negara kawasan Eropa.

  • Multikulturalisme ekonomis

Adalah masyarakat plural yang terdiri dari kelompok kultural dalam usahanya untuk mewujudkan kesetaraan yang budayanya dominan serta ingin membuat kehidupan otonomnya di dalam kerangka politik dan secara kolektif bisa diterima. Yang menjadi perhatian utamanya adalah bagaimana cara untuk mempertahankan hidupnya. Usaha untuk mendapatkan hak yang sama dengan kelompok yang lebih dominan. Melalukan penentangan terhadap kelompok yang dominan serta selalu berusaha menciptakan masyarakat yang kelompoknya mampu eksis dan menjadi mitra yang sejajar.

Konsep masyarakat multikulturalisme ini memiliki kaitan yang erat untuk membentuk masyarakat yang landasannya Bhineka Tunggal Ika dan mewujudkan kebudayaan nasional sebagai pemersatu bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *